CARA MERAWAT BURUNG KAKAK TUA

CARA MERAWAT BURUNG KAKAK TUA

Kita semua tentu sudah sangat familiar dengan nama burung kakatua meskipun sebagian bukan pemelihara burung. Nama kakatua sangat sering kita dengar terutama dari sebuah lagu anak-anak yang sangat terkenal di Indonesia. Nah, burung kakatua ini memang salah satu jenis burung yang banyak dijadikan hewan peliharaan.
Karakternya yang menarik dan suka bersosialisasi dengan manusia membuatnya banyak disukai pecinta burung. Selain itu ia juga sangat setia, pintar, aktif, memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap lingkungan di sekitarnya, serta suka memamerkan diri. Hal ini ditunjukkan lewat tingkahnya yang membentangkan sayap, menari, menggerakkan kepala naik turun, serta berteriak-teriak sehingga terlihat amat lucu. Ia bahkan bisa bicara seperti burung beo jika rajin dilatih. Anda juga dapat memberinya mainan untuk bermain seperti boneka.
Tertarik memelihara burung yang memiliki bulu indah dan lembut ini? Gampang, anda tinggal mempelajari cara memelihara burung kakatua berikut dan mempraktekkannya. Dengan ketelatenan, ketekunan, dan kasih sayang yang anda berikan kakatua peliharaan anda akan tumbuh sehat dan bahagia.

  1. Mandikan ia 3 hari sekali atau sekali seminggu
    Untuk menjaga kebersihan tubuh kakatua peliharaan anda dan merawat bulunya agar selalu mengilap maka sebagai pemilik anda tidak boleh malas memandikannya. Aktivitas memandikan ini juga sebagai bentuk perhatian terhadap kakatua sehingga ia merasa diperhatikan oleh pemiliknya. Anda bisa memandikannya 3 hari atau seminggu sekali. Cara memandikannya bisa dengan menyiram secara langsung dengan membuat hujan buatan, menggunakan pancuran, atau dengan berendam. Jangan gunakan air yang terlalu dingin, air hangat kuku dapat menjadi pilihan yang tepat.
  2. Mandikan ia pada pagi hari
    Waktu paling tepat untuk memandikan kakatua peliharaan anda adalah pada pagi hari di bawah jam 9 pagi. Mengapa? hal ini dikarenakan memandikan kakatua di pagi hari membantu kakatua menjadi lebih segar dan melancarkan suara kakatua menjadi lebih keras dibandingkan biasanya. Apalagi, ditambah dengan menjemurnya dibawah sinar matahati. Kemdian, setelah mandi berikan ia makan sehingga tubuhnya tetap terasa hangat.
  3. Asah paruh dan cakarnya secara rutin
    Hal ini penting dilakukan agar paruh dan kukunya terasah dan tumpul sehingga meminimalisir terjadinya kerusakan saat ia memanjat atau menggigit. Bagian paruh dan cakar adalah dua bagian penting yang dimiliki oleh semua burung, tak terkecuali dengan burung kaka tua. Oleh karena itu, akan lebih baik mengasah kedua bagian tersebut paling tidak 2 kali sehari.
  4. Berikan ia makanan yang tepat secara rutin
    Sebagai kebutuhan utama makhluk hidup anda tidak boleh lupa memberi makan burung kakatua peliharaan anda secara rutin. Kenali apa saja makanan yang disukainya. Beberapa pakan yang umum diberikan pada kakatua adalah tongkol jagung muda dan buah pepaya. Atau jika anda menginginkan yang praktis anda bisa membeli sprouted seeds yang banyak dijual di petshop. Ada juga makanan-makanan tambahan seperti potongan buah kelapa, sayuran seperti wortel dan kacang panjang, biji bunga matahari, keju yang dicairkan, potongan telur yang sudah dimasak, dan buah kenari.
    Khusus buah kenari sebaiknya diberikan pada kakatua raja karena ia mampu mengupas buah kenari yang berkulit tebal. Pakan ini ditempatkan dalam wadah khusus yang sebaiknya terbuat dari bahan stainless steel, bukan dari bahan platik atau kayu. Untuk diperhatikan pakan ini tidak boleh dibiarkan terlalu lama di dalam sangkar. Jika makanan yang kita berikan pada pagi hari masih bersisa maka pada sore hari sisanya harus dibuang.
  5. Berikan ia vitamin secara berkala
    Untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatannya sebaiknya berikan ia vitamin khusus burung yang banyak dijual di pasaran. Anda dapat memberikannya setiap 2 minggu sekali sehingga kakatua peliharaan anda tumbuh sehat dan terhindar dari penyakit. Ada juga vitamin yang bermanfaat untuk mengatasi kerontokan bulu pada kakatua dimana vitamin ini akan merontokkan bulu burung terlebih dahulu baru kemudian menumbuhkan bulu baru.
  6. Variasikan makanan setiap hari
    Sama seperti manusia burung juga akan merasa bosan jika makan makanan yang sama setiap hari. Untuk itu variasikan makanannya sehari-hari sehingga ia merasa senang dan merasa diperhatikan oleh pemiliknya. Hal ini untuk menghindari kebosanan yang mungkin melanda burung kakak tua kesayangan anda.
  7. Hindari memberikan buah alpukat
    Alpukat sangat berbahaya bagi burung kakatua karena dapat menyebabkan keracunan. Hal ini disebabkan adanya kandungan persin, zat kimia yang menjadi racun bagi sebagian hewan seperti burung kakatua. Konsumsi alpukat dapat menyebabkan burung mengalami penyempitan pembuluh darah hingga kematian secara mendadak. Burung yang mengalami keracunan akibat mengonsumsi alpukat biasanya menunjukkan tanda-tanda sesak napas, tidak mampu bertengger, bahkan gagal ginjal dan masalah pada organ hati. Selain itu sebaiknya anda juga tidak memberikan biji buah apel atau pir, cokelat, bawang putih, dan garam pada kakatua peliharaan anda.
  8. Hindari makanan berpenyedap dan daging
    Selain alpukat, makanan yang harus dihindarkan dari burung kakatua adalah makanan-makanan berpenyedap dan daging yang dapat menyebabkan kegemukan. Anda tentu tidak ingin melihat kakatua kesayangan anda mengalami obesitas. akan lebih baik mengenal dulu kesukaan burung kakatua kesayangan anda agar lebih mudah memberi makan sesuai keinginan burung kakak tua anda.

Related posts

10 Daftar Jenis Anjing Ras Terbaik untuk Diperlihara di Rumah

Anjing adalah perliharaan yang imut dan menggemaskan , tingkahnya lucu , kadang juga konyol , menjengkelkan. Tapi senakal apapun mereka , mereka adalah tetap teman hidup yang menyenangkan dan setia. Anjing menyukai kita secara alami dan tidak menuntut macam-macam...

WhatsApp chat