4 Tips Merawat Kucing Bengal

4 Tips Merawat Kucing Bengal

Mungkin bagi sebagian orang jika ditanya “Kucing apa yang mau kamu pelihara?” kemungkinan sebagian besar orang akan menjawab, anggora, persia, atau jenis kucing dengan bulu panjang lainnya.  Padahal banyak jenis-jenis kucing lain yang menarik untuk dipelihara, tidak harus kucing bulu panjang. Salah satu kucing yang menarik untuk dipelihara adalah kucing bengal.

Kucing bengal sendiri merupakan kucing yang masuk dalam jenis kucing hutan. Jadi kucing ini memiliki sifat dasar yang liar atau bisa dibilang susah diatur, namun jika sudah terlatih kucing ini akan mudah diatur kok. Karena masuk kedalam jenis kucing hutan, kamu cara kamu memperlakukan atau cara perawatannya juga khusus, dan ada beberapa cara perawatan yang tidak bisa disamakan dengan kucing peliharaan yang biasa. Perlu kamu ketahui kucing bengal sendiri merupakan hasil dari pengembangan genetik dari seorang ilmuan bernama dr. Centerwall. dr. Centerwall sendiri menginginkan kucing ras baru yang memiliki pola spotted wild.

Akhirnya dilakukan kawin silang antara kucing American Short Hair dengan kucing Asian Leopard, sehingga menghasilkan anakan jantan dan betina yang dikawinkan lagi hingga lahirlah kucing bengal. Perlu diketahui juga kucing bengal pertama lahir di California. Seperti yang dikatakan tadi kucing bengal memiliki pola spotted wild, hal ini lah yang membuat kucing bengal menarik untuk dipelihara.

Perlu kalian ketahui juga ada salah satu sifat kucing bengal yang sangat berbeda 180 derajat dibandingkan dengan kucing peliharaan biasa. Jika kucing pada umumnya membenci air, namun tidak dengan kucing bengal, kucing bengal justru seringkali membasahi tubuhnya. Hal tersebut justru mempermudah kita dalam memandikan kucing bengal sendiri. Dan jika berbicara memandikan kucing, tentunya hal tersebut erat hubungannya dengan perawatan. Lalu bagaimana dengan perawatan kucing bengal sendiri? apakah berbeda dengan kucing lainnya?

Di bawah ini merupakan beberapa cara merawat kucing bengal.

Cara Merawat Kucing Bengal

1. Rutin Membersihkan Kucing Bengal

Karena bulu dari kucing bengal yang menjadi daya tarik kucing ini. Jadi kamu juga harus merawatnya secara telaten. Salah satunya adalah dengan membersihkan bulu-bulunya. Untuk kegiatan rutin, kamu bisa menyikat kucing bengal setiap minggu, kamu bisa menggunakan sikat khusus bulu kucing. Ingat dalam menyikat bulu kucing lakukanlah dengan lembut, karena hal tersebut akan membuat kucing nyaman. Untuk menyikatnya kamu bisa lakukan selama 5 menit saja, hal tersebut akan membuat kotoran pada bulu kucing bengal hilang. Untuk memandikan sendiri kamu bisa mandikan sendiri dirumah, sifat kucing bengal yang tidak takut air akan mempermudah kamu dalam memandikan kucing bengal. Selain itu untuk membuat bulu dari kucing bengal terlihat rapi dan indah kamu bisa gunakan sisir, sisir secara rutin bulu dari kucing bengal. Karena selain bisa membuat rapi menyisir juga bisa membuat corak pola dari kucing bengal terlihat lebih cerah.

2. Beri Makanan Yang Bernutrisi

Untuk pemberian makan, kamu bisa samakan makanan kucing bengal dengan kucing perliharaan pada umumnya. Namun perhatikan juga nutrisi yang masuk ke tubuh dari kucing bengal. Karena hal tersebut bisa berpengaruh pada daya tahan dari kucing bengal. Pemberian nutrisi yang cukup bisa membuat pertumbuhan kucing bengal baik, dan juga tidak mudah terserang penyakit.

3. Beri Mainan dan Ajak Bermain

Karena kucing bengal masuk dalam keluarga kucing hutan, tentunya kucing bengal memiliki sifat yang aktif. Jadi untuk membuat sifat alami dari kucing bengal yang aktif tersebut. Kamu bisa berikan mainan pada kucing bengal. Berikan mainan yang bisa membuat kucing bengal setidaknya melakukan kegiatan seperti melompat, dan berlari. Ketika kucing bengal sudah diberi mainan, kamu jangan biarkan dia bermain begitu saja. Sesekali ajak kucing bengal bermain denganmu. Karena kucing bengal suka bermain dengan pemiliknya. Selain itu bermain bersama dengan kucing bengal bisa membuat kucing bengal nyaman denganmu. Di sisi lain bermain dengan kucing bengal bisa membuat kucing bengal menjadi sehat.

4. Ajak Kucing Jalan-Jalan

Mengajak kucing berjala-jalan dengan pemilik bisa sekaligus memberikan pengenalan pada lingkungannya. Namun, perlu diperhatikan, ajaklah kucing bengal ke tempat tempat yang aman dan juga bersih. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada kucing bengal. Itu tadi merupakan beberapa tips merawat kucing bengal yang bisa kamu praktekkan. Nah selanjutnya mungkin kamu penasaran berapa sih harga kucing bengal ini ? berapa harga dan berapa uang yang harus dikeluarkan untuk memiliki kucing bengal ?

Apakah anda tertarik lebih dalam mengenai artikel di atas dan membutuhkan makanan sehat untuk perawatan kucing anda? Silahkan hubungi kami di kontak kami Wa 08113442900 atau email ke: Petfood.indonesia@gmail.com, atau chat langsung via website kami di www.petfoodindonesia.com. Kami siap membantu anda selalu.

Related posts

7 Tips Cara Merawat Kucing Persia agar Jauh dari Penyakit dan Kutu

Kucing persia terkenal menggemaskan. Kucing yang berasal dari nama lama Iran ini sudah populer di kalangan pecinta kucing. Karakteristik kucing persia memang khas dan ini yang membedakannya dengan kucing jenis lain. Tubuh kucing persia umumnya gemuk, tambun, dan besar....

10 Daftar Jenis Anjing Ras Terbaik untuk Diperlihara di Rumah

Anjing adalah perliharaan yang imut dan menggemaskan , tingkahnya lucu , kadang juga konyol , menjengkelkan. Tapi senakal apapun mereka , mereka adalah tetap teman hidup yang menyenangkan dan setia. Anjing menyukai kita secara alami dan tidak menuntut macam-macam...

WhatsApp chat