Tips Mencerahkan Burung Pleci Yg Bulunya Kusam

Tips Mencerahkan Burung Pleci Yg Bulunya Kusam

Kondisi bulu-bulu pada burung pleci yang berubah dari cerah menjadi kusam atau berubah warna sering terjadi jika burung tidak mendapatkan perawatan semestinya. Agar bulu-bulunya kembali sehat dan berkilau, tentu harus menunggu sampai masa mabung berikutnya. Nah, daripada harus menunggu lama, Anda bisa menerapkan setingan perawatan berikut ini:

Hal utama yang menyebabkan bulu terlihat kusam adalah berkurangnya pasokan lemak / minyak yang terdapat pada kelenjar uropigial di pangkal ekornya. Lapisan minyak itulah yang membuat bulu burung menjadi cerah, tahan air, dan mengkilap. Jika tidak memiliki lapisan pelindung tersebut, bulu akan mudah kering oleh terik matahari yang bisa merusak dan memudarkan warnanya.

Selain itu, memudarnya warna bulu juga bisa disebabkan faktor lain seperti perawatan tidak teratur dan pemberian pakan yang kurang tepat. Beberapa faktor lainnya adalah:

  • Penjemuran terlalu berlebihan / burung terlalu lama dijemur.
  • Burung jarang mandi atau dimandikan, baik dengan cara semprot maupun menggunakan karamba mandi atau cepuk minumnya.
  • Kekurangan nutrisi akibat jarang / tidak pernah mendapat pakan buah-buahan yang bervariasi.
  • Pleci terlalu sering diberi doping yang bertujuan agar burung selalu berkicau tanpa mempedulikan kondisinya.
  • Terlalu sering mengganti pakan voer dengan alasan ingin mencari produk yang cocok.

Butuh waktu untuk memperbaiki kondisi bulu pleci yang sudah memudar warnanya (kusam). Tapi perawatan yang tepat dan teratur bisa membantu mempercepat pemulihannya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dicoba untuk memperbaiki kondisi bulu yang sudah kusam.

  • Mengubah setelan pakan untuk sementara, dengan meniadakan pakan voer dan mengutamakan pakan full EF  /extra fooding untuk pleci yang bulunya kusam. Pakan yang bisa diberikan setiap hari adalah buah-buahan secara bervariasi (pisang, jeruk, apel, dll) dan serangga (jangkrik, belalang hijau kecil, ulat kandang / hongkong, kroto, dan laba-laba kecil).
  • Mandikan burung secara rutin. Jika pleci tidak pernah dimandikan, maka dalam perawatan kali ini harus lebih sering dilakukan. Mandikan pleci setiap hari pada pagi, siang, dan sore hari. Setelah mandi, pleci dianginkan di tempat sejuk untuk mengeringkan bulunya. Adapun penjemuran untuk sementara waktu ditiadakan, atau bisa juga dijemur selama 20 menit pada pagi hari.
  • Madu bisa diberikan beberapa hari sekali, bisa disediakan dalam cepuk terpisah, bisa juga dioleskan ke pisang atau buah-buahan yang lain.
  • Apabila bulu kusam akibat pleci sering mendapat doping, maka tubuh burung harus dinetralisasi dulu.
  • Minyak ikan bisa diberikan seminggu sekali secara langsung (diteteskan) atau disuntik ke pakan tambahan.
  • Sebagai pengganti voer, Anda bisa memberikan pakan racikan yang berbahan baku udang.
  • Untuk mendukung pemulihan / perbaikan bulu yang kusam, pleci bisa diberi birdmineral yaitu multimineral tambahan yang bermanfaat mengatasi bulu kusam dan membantu burung memproduksi kelenjar minyak.

Apakah anda tertarik lebih dalam mengenai artikel di atas dan membutuhkan makanan sehat untuk perawatan Anjing anda? Silahkan hubungi kami di kontak kami Wa 08113442900 atau email ke: Petfood.indonesia@gmail.com, atau chat langsung via website kami di www.petfoodindonesia.com. Kami siap membantu anda selalu

Related posts

10 Daftar Jenis Anjing Ras Terbaik untuk Diperlihara di Rumah

Anjing adalah perliharaan yang imut dan menggemaskan , tingkahnya lucu , kadang juga konyol , menjengkelkan. Tapi senakal apapun mereka , mereka adalah tetap teman hidup yang menyenangkan dan setia. Anjing menyukai kita secara alami dan tidak menuntut macam-macam...

WhatsApp chat